Templates by BIGtheme NET

Kondisi Puasa, peserta Bimtek P-IRT dan HAKI antusias

Kabid Industri Disperindag Loteng, Hj. Bq. Enny Mardiana SH, MM saat membuka Bimtek PIRT dan HAKI di Galery Agro Lombok Tengah

Bertempat di galery produksi agro Pancor Dao Desa Aik Darek Kecamatan Batukliang, Rabu (22/05/2019) kegiatan Bimtek PIRT dan HAKI dilaksanakan. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh kepala bidang industri Disperindag Lombok Tengah, Hj. BQ. Enny Mardiana, SH. MM. Walaupun dalam kondisi puasa ramadhan, 60 orang IKM yang menjadi peserta bimbingan teknis PIRT dan HAKI sangat antusias mengikuti kegiatan.

Kabid industri dalam sambutannya menyampaikan apresisai dan penghargaan kepada para peserta bimyek karena walaupun dalam kondisi berpuasa sangat antusias dan aktif mengikuti kegiatan ini. Selanjutnya kabid mengharapkan para peserta dapat memahami dan mengaplikasikan ilmu yang diberikan oleh para narasumber pada produk yang akan dibuat.

Selain itu Bimtek PiRT merupakan salah satu persyaratan dalam menerbitkan sertifikat PiRT atau kata lainnya sertifikat Depkes. Oleh karena itu para peserta harus mengetahui bahan mana saja yang layak untuk digunakan dalam pencampuran bahan baku pangan sehingga produk yang dihasilkan higeinis dan sehat. Selain produk yang aman perlu juga menjadi perhatian kebersihan pemilik dan lingkungannya. Jadi dari pemilik, lingkungan dan produknya harus aman (steril) dari bahan berbahaya.

Peserta Bimtek PIRT dan HAKI

Selanjutnya pada kesempatan itu juga selain pemaparan PIRT, juga dibahas materi pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) termasuk branding produk/ tata nama dan cara pengurusan HAKI sebagai upaya untuk melindungi hak cipta dari pada produk IKM sehingga produk tidak dijiplak dan menghasilkan royalti.

Untuk diketahui bahwa dari 6000 IKM Lombok Tengah, baru hanya 283 IKM yang sudah mempunyai sertifikat IKM dan 33 IKM Lombok Tengah yang mempunyai sertifikat HAKI. Artinya masih banyak IKM Lombok Tengah yang harus difasilitasi PIRT dan HAKI. Oleh karena itu pemerintah daerah Lombok Tengah melalui dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten Lombok Tengah akan terus berupaya meningkatkan jumlah IKM yang akan memiliki sertifikat PIRT melalui bimtek seperti ini.

Adapun nara sumber PIRT pada kegiatan ini yakni Bapak L. Halik S.Sos dari Dinas Kesehatan Lombok Tengah. Sedangkan nara sumber Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yakni Bapak Juljihad Jaelani SIP, MAk dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful

paykwik bozum